www.hcherbal.com
BLOG INI SUDAH PINDAH KE ALAMAT www.hcherbal.com
Home Blogger Templates Gallery Blogger News

Apaun Jadi Sehat Kalau mau

 Mengonsumsi semua jenis vitamin, penting untuk membentuk badan yang sehat. Dan itu akan menjadi sulit jika anda tak mengetahui secara spesifik kandungan nutrisi setiap makanan. (foto: google) Biarlah makanan menjadi obatmu dan obat menjadi makananmu. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.

Kepala Pusat Kesehatan di Cleveland, Michael Roizen, mengatakan, masih banyak orang yang meremehkan kandungan nutrisi sebuah makanan bagi tubuh. Mereka hanya sibuk memperhatikan penampilan.

Mengonsumsi semua jenis vitamin, penting untuk membentuk badan yang sehat. Dan itu akan menjadi sulit jika anda tak mengetahui secara spesifik kandungan nutrisi setiap makanan.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan vitamin dan mineral bervariasi merupakan jalan yang efisien untuk menjaga optimalisasi kesehatan. Pilihan konsumsi makanan tepat akan tercipta tubuh sehat dan bugar yang sangat menunjang penampilan.

Beberapa makanan ini membantu sistem dan pertahanan tubuh kuat sembari mencegah penyakit akut dan kronis.

Buah Anggur
Kandungan antioksidannya bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas, molekul kecil penyebab kulit kering, penuaan dini, dan gangguan kulit lainnya.

Satu sampai satu setengah cangkir anggur setara dengan 20 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, anggur juga mengandung bahan kimia yang membantu melestarikan protein elastin untuk menjaga elastisitas kulit.

Karbohidrat
Kelly O'Connor dari Mercy Medical Center di Baltimore mengatakan bahwa karbohidrat dapat menstimulasi pembentukan hormon serotonin, yang dapat mengurangi kadar stres dan depresi. Karena itu banyak yang menganggap karbohidrat dapat menciptakan ketenangan pikiran. Makanan mengandung karbohidrat yang terbaik adalah buncis dan roti gandum.

Kenari dan Salmon
Sebuah studi menemukan, makanan seperti ikan, buah-buahan, padi-padian, dan polong-polongan mengandung omega-3 tinggi yang dapat mengendalikan peradangan di seluruh tubuh, termasuk jerawat. “Kenari dan ikan, terutama salmon menjadi makanan wajib bagi wanita yang peduli pada kulitnya,” ucap Nicholas Perricone, asisten profesor kedokteran di Michigan State University's College. Ikan jenis ini dan jenis air laut lainnya seperti tuna dan makarel mengandung omega-3, yang mendukung kesehatan jantung dan otak. Senyawa omega-3 membantu mencegah penyakit tertentu seprti jantung dan Alzhemer.

Protein
Kuku terdiri dari lapisan protein yang disebut keratin. Para peneliti yang dari Universitas of North Carolina menemukan bahwa tingkat pertumbuhan kuku dipengaruhi makanan yang kaya protein.

Beberapa makanan mengandung protein yang baik dikonsumsi adalah daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, dan kacang. Konsumsi dua telur setara dengan 12,5 gram protein atau 20 persen dari kebutuhan protein per hari sekitar 45-65 gram.

Yoghurt
Bau mulut adalah masalah yang sangat menjengkelkan dan membuat seseorang ketergantungan dengan permen mint. Namun, permen mint ternyata tidak memerangi penyebab utama bau mulut, yakni penumpukan bakteri pada lidah, di antara gigi, dan bagian belakang tenggorokan. Penelitian di Jepang menemukan bahwa yoghurt bebas gula adalah pilihan terbaik untuk menyingkirkan bau mulut.

Teh Hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat. Salah satunya, memperlambat produksi bahan kimia yang dapat membuat folikel rambut menyusut. Dr. Roizen merekomendasikan dua hingga tiga cangkir teh setiap hari untuk mencegah rambut menipis.

“Namun jika rambut yang kering dan rontok, itu mungkin pertanda kekurangan zinc," kata Lisa Drayer, penulis 'The Beauty Diet'. Untuk memenuhi kebutuhan 8 miligram zinc per hari, konsumsilah daging kepiting, yoghurt, kacang panjang, kacang hijau, dan labu.

Susu dan Keju
“Ketika perempuan tidak mendapatkan kalsium yang cukup, mereka akan mengalami kram, kembung, dan suasana hati yang tidak enak,” kata Susan, endokrinologi dari New York. Dalam risetnya, dia menemukan bahwa dua iris keju ditambah segelas susu (1.200 miligram kalsium) per hari dapat mengurangi gejala pramenstruasi hingga 48 persen.

Jika Anda cenderung mengalami sakit kepala selama pramenstruasi, itu berarti Anda rendah magnesium. Seperempat cangkir almond atau kacang mete akan membantu memenuhi kebutuhan mineral per hari hingga 30 persen.

Apel
Apel memiliki serat kaya karbohidrat yang dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas lebih lama. Karena itu, Keri Gans, juru bicara American Dietetic Association selalu menganjurkan mereka yang menjalani program diet untuk rajin mengonsumsi apel.

Kentang Manis
Makanan ini tercatat sebagai sayuran paling bernutrisi, mengandung antioksidan, beta karoten, zat besi, vitamin B6, dan serat diet. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam kentang manis dapat mencegah kanker dan penyakit lainnya, seperti jantung.

Bayam
Mengandung lutein, zeaxanthin, dan karotenoit, bayam membantu mencegah kerusakan akibat penuaan. Nutrisi lainnya, seperti kalsium untuk tulang dan vitamin K untuk mempercepat pembekuan darah.

Brokoli
Sayuran ini mengandung indole-3 dan sulforaphane. Dua nutrisi ini membentengi tubuh dari seranga kanker payudara. Semangkuk brokoli dua kali sehari disarankan untuk menambah kandungan vitamin C.

Blueberi
Buah ini kaya akan antioksidan seperti betakaroten, vitamin A, C, dan E, juga flavonoid. Mengkonsumsi blueberi dapat menunda penuaan.

Bawang Putih
Mengandung senyawa sulfur yang membantu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan mencegah beberapa kanker seperti kanker usus dan kanker perut, karena fungsi antibakterialnya. Bawang putih juga mengandung nutrisi penting seperti potasium, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin C.

Tomat
Buah ini merupakan jawaranya vitamin C. Sebuah tomat ukuran sedang mengandung 23 miligram vitamin C. Tomat juga kaya likopen yang dibutuhkan untuk kesehatan prostat.

Kacang lentil
Sejenis kacang-kacangan ini mengandung 8 gram serat untuk kesehatan jantung dan mengandung 90 persen dari rekomendasi makanan sehari-hari yang mengandung folic acid, hanya dalam satu mangkuk. Lentil juga kaya sumber protein dan besi.

Kismis
Kismis atau anggur kering kaya akan zat besi, yang membantu darah membawa oksigen. Juga mengandung nutrisi penting lain seperti potasium, selenium, vitamin A, dan kaya serat. Kismis juga dikenal mampu menangkal anemia dan takanan darah tinggi.

Susu Skim

Mengandung vitamin B2, atau riboflavin, dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Susu skim juga kaya kalsium dan vitamin D, untuk tulang dan gigi yang kuat. (fn/v2v)www.suaramedia.com

0 komentar:

Comments

Posting Komentar

Kami terima Kritikan anda

Lokasi Anda Online


.

-